Sabtu, 09 Agustus 2014

Berbagai Jenis Kertas serta Ukuran

Banyak dari kita yang tidak mengetahui ukuran dan jenis kertas yang kita pakai sehari-hari, EGP!

Padahal kita tidak bisa lepas dari kertas setiap hari, terutama bagi kita yang bekerja di kantoran, yang seharian selalu menggunakan kertas berjenis HVS. Juga bagi pelajar/mahasiswa dengan buku-buku yang dimiliki mereka.

Baiklah mari kita melihat beberapa jenis kertas beserta dengan ukurannya. Ada kertas yang sering dipergunakan di perkantoran untuk urusan administrasi, dan juga buku yang pernah kita pakai kalau kita pernah sekolah. Bahkan di pasar ada banyak kemasan yang terbuat dari kertas (bekas).

A. Jenis Kertas
HVS : Adalah jenis yang paling sering kita jumpai dalam urusan perkantoran dan warnanya putih. Biasanya dalam bentuk Kop surat, form-form isian, catatan-catatan juga dalam bentuk buku cataran/tulis.
Art Paper: Adalah jenis kertas yang sering digunakan untuk promosi, brosur-brosur, leaflet dan sebagainya. Bentuk permukaannya mengkilap dan licin.
Matte Paper: Hampir sama dengan Art paper, hanya permukaannya lebih redup.
Fancy Paper: Bahan kertas yang dipergunakan untuk undangan-undangan dan beberapa jenis cetakan kreatif lainnya. Contoh : Hammer, Linen, Concord/Conqueror, Bluish White (BW), Jasmine dan masih banyak lagi.
Kertas Samson: Biasanya dipergunakan untuk mengemas barang cetakan atau juga dipergunakan untuk bahan amplop yang besar, warnanya coklat.
Book Paper: Warnanya coklah muda dan permukaannya agak kasar, bobornya ringan. Sesuai dengan namanya.
Karton Manila : Bahan yang sering dipergunakan untuk keperluan pendidikan, dan tersedia dalam macam-macam warna.
Recycled paper: Bahan yang cepat didaur ulang. Dengan menggunakan kertas ini, kita berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan.

B. Ukuran Kertas
Banyak dari kita yang salah kaprah, sering mengatakan (kalau ditanya), ukuran kertas yang mana? Suka dijawab : HVS. Itu bisa dimaklumi karena ukuran yang sering ditemukan keseharian seperti itu, entah di bagian fotokopi atau ditempat untuk print. Padahal ada banyak sekali ukuran kertas yang disesuaikan dengan kebutuhan, seperti berikut:
A4 : Ukuran kertas dengan panjang 297 mm dan lebar 210 mm. Ukuran ini paling banyak ditemukan dalam bentuk Kop surat dan dokumen-dokumen keseharian di kantor. Brosurpun banyak menggunakan ukuran ini. Dari ukuran A4 ini kemudian didapat ukuran-ukuran standar lainnya, seperti A6, A5, A3, A2, A1 dan A0. Ukuran A6 (105x148mm), A5 (148x210 mm), A3 (297x420 mm), A2 (420x594 mm), A1 (594x841 mm), A0 (841x1189 mm).
Letter/Kwarto : Ukuran dengan dimensi 215.9 mm x 279.4 mm, sering digunakan untuk kop surat.
Folio : Dimensi 215 x 330 mm atau juga bisa disebut F4, sebenarnya F4 dimensinya 210 x 330mm, selisih 5mm di bagian lebarnya. Orang Indonesia sering menggunakan ukuran ini untuk berbagai keperluan seprti kop surat dan beberapa form isian.
Legal : 215.9 x 355.6mm, sering diplesetkan sebagai folio, atau folio disebut legal, padahal selisih antar legal dan folio adalah 25.5mm, lebih panjang legal.

Semua jenis ukuran di atas bisa dilihat dalam program Corel Draw, kecuali Folio. Dalam program ini kita masih bisa melihat berbagai jenis ukuran kertas yang standar digunakan diberbagai media cetak saat secara internasional.


Tentu saja kita  masih bisa menggunakan ukuran kertas yang tidak tercantum di atas sesuai dengan kebutuhan kita nanti. Karena semua ukuran tersebut di atas didapat dari ukuran kertas yang lebih besar lagi, yaitu ukuran plano. Ukuran plano yang ada sekanrang ini, seperti : 650 x 900mm, 650 x 1000 mm, 790 x 1090 mm, 610 x 860mm, 700 x 1080mm dan lain-lain, yang dapat kita potong sesuai dengan kebutuhan

1 komentar:

  1. Kalau ada yang mau memberikan masukan, silakan saja, karena tulisan ini masih jauh dari sempurna. Thanks

    BalasHapus